top of page

〈メンバー専用〉日本酒女子会

公開·20名のメンバー
Mat Angiwan III
Mat Angiwan III

Free Download Tutorial Vray Sketchup Pdf Bahasa Indonesia


Free Tutorial Vray Sketchup PDF Bahasa Indonesia




Vray adalah sebuah plugin rendering untuk aplikasi grafis 3D yang dikembangkan oleh Chaos Group, sebuah perusahaan Bulgaria yang didirikan pada tahun 1997. Vray digunakan di berbagai industri media, hiburan, dan desain seperti film, video game, desain industri, desain produk, dan arsitektur. Vray mendukung berbagai aplikasi desktop 3D seperti Autodesk 3ds Max, Autodesk Revit, Cinema 4D, Maya, Modo, Nuke, Rhinoceros, SketchUp, Softimage, dan Blender.


DOWNLOAD: https://urluss.com/2w4oJb


SketchUp adalah sebuah program desain 3D yang mudah digunakan dan populer di kalangan arsitek, desainer interior, insinyur sipil, dan lain-lain. SketchUp memungkinkan pengguna untuk membuat dan memodifikasi model 3D dengan cepat dan intuitif. SketchUp juga memiliki fitur impor dan ekspor berbagai format file 3D seperti DWG, DXF, OBJ, STL, 3DS, KMZ, dan lain-lain.


Vray untuk SketchUp adalah sebuah plugin yang memungkinkan pengguna SketchUp untuk merender model 3D mereka dengan kualitas tinggi dan realistis. Vray untuk SketchUp memiliki berbagai fitur dan pengaturan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pengguna. Beberapa fitur utama Vray untuk SketchUp adalah:



  • Global illumination: Vray menggunakan algoritma pencahayaan global seperti path tracing, photon mapping, irradiance maps, dan global illumination langsung untuk menciptakan efek pencahayaan yang akurat dan natural.



  • Material: Vray memiliki library material yang luas dan fleksibel yang dapat diaplikasikan pada model 3D. Material Vray dapat meniru berbagai jenis permukaan seperti kaca, logam, kayu, plastik, kain, kulit, dan lain-lain. Material Vray juga dapat dikombinasikan dengan texture map untuk menciptakan efek detail dan variasi.



  • Mapping: Mapping adalah proses menempelkan gambar atau pola pada permukaan model 3D. Mapping dapat digunakan untuk menambah detail, warna, refleksi, bayangan, bump, displacement, dan efek lainnya pada material. Vray mendukung berbagai jenis mapping seperti UV mapping, planar mapping, spherical mapping, cylindrical mapping, box mapping, tri-planar mapping, dan lain-lain.



  • Camera: Camera adalah alat yang digunakan untuk menentukan sudut pandang dan bidang gambar saat merender model 3D. Camera Vray dapat disesuaikan dengan berbagai parameter seperti focal length, aperture, shutter speed, ISO, white balance, depth of field, motion blur, lens distortion, vignetting, dan lain-lain.



  • Light: Light adalah sumber cahaya yang digunakan untuk menerangi model 3D. Light Vray dapat berupa light standar seperti point light, spot light, directional light, area light; atau light fisik seperti sun light (dome light), sky light (HDRI), IES light (fotometrik); atau light geometrik seperti mesh light (objek bercahaya), sphere light (bola bercahaya), disk light (cakram bercahaya), dll.



  • Environment: Environment adalah latar belakang atau suasana yang digunakan untuk merender model 3D. Environment Vray dapat berupa warna solid (background color), gambar (background image), atau HDRI (high dynamic range image). Environment Vray juga dapat mempengaruhi pencahayaan global (global illumination) dan refleksi (reflection) pada model 3D.



  • Render elements: Render elements adalah layer-layer gambar yang terpisah yang dihasilkan saat merender model 3D. Render elements dapat digunakan untuk mengedit atau menggabungkan gambar-gambar tersebut dengan program editing gambar seperti Photoshop. Beberapa contoh render elements adalah diffuse (warna dasar), reflection (refleksi), refraction (refraksi), shadow (bayangan), lighting (pencahayaan), specular (kilauan), alpha (transparansi), z-depth (kedalaman), normal (arah permukaan), dll.




Untuk belajar lebih lanjut tentang Vray untuk SketchUp, Anda dapat mengunduh tutorial Vray SketchUp PDF bahasa Indonesia secara gratis dari beberapa sumber berikut:



  • [Tutorial Vray SketchUp Bahasa Indonesia]: Tutorial ini dibuat oleh Muhammad Hasanuddin Taibien dan berisi 32 halaman yang menjelaskan pengenalan, instalasi, default setting, camera, material, mapping, light, environment, dan render elements Vray untuk SketchUp.



  • [Download Tutorial Vray Sketchup File PDF Via Google Drive]: Tutorial ini dibagikan oleh Arsimedia dan berisi 32 halaman yang menjelaskan pencahayaan Vray untuk SketchUp.



  • [Www.sketchupindonesia.com - Vray for SketchUp]: Tutorial ini dibagikan oleh SketchUp Indonesia dan berisi 23 halaman yang menjelaskan pengenalan, instalasi, toolbar, option editor, frame buffer, material editor, light editor, dan render output Vray untuk SketchUp.




Demikian artikel tentang free tutorial Vray Sketchup PDF bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan selamat belajar!


グループについて

日本酒女子会メンバー専用グループへようこそ!他のメンバーと交流したり、オイシイ情報をシェアしたりできます。先ずはメンバー...

メンバー

bottom of page